Sabtu, 15 Juni 2013

Balita Anda Terlihat Jenius? Hati-hati!


on April 16, 2013
PEKANBARU.CO- Memiliki buah hati yang jenius dan aktif memang membuat para orangtua bahagia. Kerap kali tingkah anak usia balita begitu mengemaskan. Tapi, tahukah Anda jika balita dengan tingkat inteligensia lebih tinggi justru berpotensi besar mengganggu psikis mereka hingga mengakibatkan depresi.

Ahli anak dr Harmen Hendro Sp.A kepada Pekanbaru.co menjelaskan, kelebihan balita dalam hal kejeniusan harus bisa dipahami oleh orangtua sejak dini. Apalagi anak yang jenius tak selalu bisa dilihat dari tindakan anak, meski memang pertanda itu muncul dari tingkah laku mereka.
“Ketika anak menyadari mereka berbakat lebih dari yang lainnya, kadang mereka merasa terasing,” jelas Harmen.
Tak hanya itu, anak yang jenius juga sering merasa frustrasi dan bahkan depresi. Alasannya sederhana, mereka mampu berpikir lebih cepat dari pada kemampuan berekspresi, baik verbal maupun fisik.
“Ini sangat tidak baik untuk mereka jika orangtua tidak memahami kondisi itu,” lanjut dia.
Berkonsultasi dengan pakar anak mungkin bisa membantu. Tapi bagaimana menjadikan kelebihan anak di bidang inteligensia tanpa mengganggu tumbuh kembang anak lebih penting lagi. Untuk itu kiranya sangat penting bagi orangtua menyadari kondisi anak. ***(DP)
Share !



Hobi ngemil ternyata bukan hanya untuk orang dewasa saja, si kecil yang masih berusia dibawah lima tahun juga boleh ngemil, bahkan disarankan. Terkadang beberapa bunda memandang negatif  pada konsep ngemil si kecil dengan dalih khawatir nanti malas makan nasi. Menurut para ahli nutrisi, pendapat para bunda tersebut tidak sepenuhnya benar. Memberikan jenis makanan sehat dan waktu pemberian yang tepat, ngemil juga menyehatkan lho.
Dimasa pertumbuhan, sikecil memerkukan asupan nutrisi seimbang dan mencukupi. Kebutuhan akan nutrisi tersebut tidak hanya dipenuhi melalui makan berat saja tapi juga dari snack atau cemilan. Jadi cemilan itu penting selama makanannya sehat dan mengandung nutrisi yang diperlukan sikecil. Lantas jenis makanan apa yang baik dijadikan sebagai cemilan buat si kecil? Berikut 10 diantaranya:

Tujuh alternatif snack untuk si kecil

1. Keju. Jenis makanan yang kebanyakan dibuat dari susu sapi ini kaya akan protein dan vitamin. Kandungan protein didalamnya menjadi sumber yang baik untuk pertumbuhan si kecil. Upayakan Bunda memilih keju rendah lemak untuk konsumsi si kecil.

2. Selai kacang. Sudah diketahui sejak lama bahwa kacang-kacangan tidak hanya mengandung protein, tapi lebih utama kacang-kacangan mengandung fiber dan lemak sehat bagi si buah hati bunda. Kombinasikan selai kacang dengan crackers atau waffle sebagai cemilan sikecil di siang hari.

3. Sereal. Pilih sereal yang berasal dari biji-bijian seperti gandum dan barley yang banyak mengandung fiber, vitamin, dan mineral. Kandungan fiber nya yang tinggi bagus untuk melancarkan pencernaan sikecil. Untuk menambah selera sikecil, Bunda dapat menambahkan potongan buah segar kedalam sereal untuk cemilan pagi menjelang siang.

4. Yogurt. Ya, minuman berasa masam yang berasal dari fermentasi susu ini adalah salah satu makanan menyehatkan bagi si kecil. Yogurt rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik bagi sikecil. Tabahkan potongan buah segar untuk membuat es buah yogurt, sajikan di siang hari yang panas, pasti si kecil ketagihan.

5. Telur. Makanan murah dan mudah didapat ini mengandung banyak kebaikan bagi si kecil. Kandungan protein dalam sebutir telur ternyata dapat memenuhi sepertiga kebutuhan protein harian anak berusia 4 tahun. Sajikan telur dengan cara direbus atau orak-arik sebagai camilan pagi menjelang siang.

6. Buah segar. Mangga, apel, melon, buah pir, pisang, dan pepaya, adalah beberapa buah segar yang direkomendasikan ahli nutrisi untuk diberikan pada sikecil sebagai cemilan antar waktu makan. Cukup sajikan dalam potongan kecil, cocok diberikan sebagai cemilan siang atau malam.

7. Kentang goreng. Lebih sehat jika Bunda membuat kentang goreng sendiri tanpa MSG dirumah. Kentang banyak mengandung karbohidrat, vitamin A, B6 dan vitamin C. Selain itu, kentang merupakan salah satu sumber folate yang diperlukan si kecil.
Jadi, Bunda, memberikan snack sehat bagus untuk pertumbuhan si kecil. Beberapa ahli nutrisi bahkan merekomendasikan 2-3 kali cemilan diantara jadwal makan berat sikecil. Pastikan bunda memberikan cemilan dengan porsi yang pas sehingga tidak merusak selera makan berat sikecil.

1 komentar:

  1. bagus kaka artikelnya., mampir jg ya di blog sya http://kokomelody218.blogspot.com/ :)

    BalasHapus